Kamis, 15 Desember 2011

Asal Nulis


Malam ini, di saat mata ga mau kompromi dan di saat ngantuk ga kunjung datang.. Gw coba tuk ngotak – atik laptop yang saat ini ada di depan gw. Bisa dibilang ini masuk kedalam kategori curhat lah.

Awalnya gw kaga suka sama sekali ama yang namanya baca, kecuali itu bacaan tentang ilmu komputer. Tapi ahir – ahir ini gw malah tertarik ama yang namanya baca, walau baca buku satu aja ga kelar – kelar. Tiap mulai baca mesti ngantuk dateng dan dia menang. Malem ini gw pergi ke toko buku ama temen tapi anehnya gw kaga seberapa tertarik ama buku tentang komputer dan malah baca buku yang intinya memotivasi untuk menjadi seorang yang sukses di masa depan. Buku pertama tentang motivasi yang bikin gw tertarik buat baca yaitu buku “A Think Like A Champion!” ni buku menceritakan tentang kehidupan salah satu tokoh yang bernama Donald J. Trump yang konon katanya Triliuner atau salah satu dari tiga orang  terkaya,tapi ga tau juga deh. Yang gw tau ni buku bagus buat dibaca walaupun waktu baca tetep pikiran harus bener – bener pinter buat mikir. Isinya kebanyakan kata motivasi yang bisa mendukung kita baik saat kita jatuh atau pada saat kita lagi ada di atas. Pas lagi ada di toko buku gw sempet baca tentang cara berfikir orang yahudi dan mengapa mereka bisa lebih pintar dari bangsa lain.

Ni cuplikan dari buku itu atau poin yang menurut gw menarik dan patut untuk di pertimbangkan:
a        a. Orang yahudi selalu ingin menempati posisi paling depan, baik di kelas atau pada saat seminar. Itu karena mereka mempunyai rasa ingin tau yang tinggi dan mereka ingin di tanya atau bertanya, karena dengan tanya atau bertanya mereka dapat menjadi selangkah lebih maju dari yang lain.
b         b. Mereka selalu berjalan 25% lebih cepat dari orang lain, mungkin ini terkesan agak tergesa – gesa atau yang menurut kita mungkin sembrono. Tapi yang di maksudkan adalah mereka selalu mempunyai komitment yang mantap dan menandakan mereka adalah orang yang disiplin pada waktu. Karena waktu itu terlalu berharga untuk di sia-siakan.
c        c. Mereka selalu menatap mata lawan bicara. Kebiasaan ini mungkin tidak banyak diperhatikan oleh orang lain. Tapi terbukti mempunyai kemampuan yang cukup efektif untuk membuat lawan bicara menjadi yakin atau bahkan terkesan dengan kita. Mereka sudah melatih tekhnik ini dari usia dini dan tanpa di sadari hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang terbawa hingga mereka tumbuh dewasa.
d        d. Mereka selalu tersenyum untuk sekitar. Bukan untuk tebar pesona atau apa lah, tapi dengan tujuan agar kita bisa membuat lawan bicara lebih santai. Tekhnik ini cukup efektif untuk di praktekan, kita juga bisa menjadi lebih di segani karenanya.

Awalnya gw pernah baca buku seperti “The Power” dan “Life Sign” tapi kalo yang The Power ga ampe kelar begitupun ama yang Life Sign. Karena itu ga seberapa ngerti deh soal The Power. Tapi kalo yang Life Sign ya ngerti lah intinya. Inti sarinya menuntun kita untuk menemukan siapa diri kita sebenarnya atau apa dan dimana kita seharusnya berada. Misalnya aja untuk menemukan apa bakat alamimu. Jujur, gw aja baru ngerti bakat gw malem ini karena di sadarin ama buku itu. Sedangkan gw selama ini nyari dimana bakat gw, ampe umur 19 tahun baru ketemu. Bakat kita ga jauh dari masa lalu kita, mungkin perlu lah kita luangin waktu untuk sedikit flash back ke masa lalu. Mungkin kalian bakal temuin arti penting di masa lalu, mungkin masa TK, SD, atau kapan aja. Kita seperti sudah di tuntun mengapa kita bisa seperti sekarang dan kenapa kita berada di sini. Sekarang gw saranin satu pertanyaan untuk yang baca tulisan ini “Siapa Anda Sekarang?”

Albert Einstein pernah berkata “Terpuruk dalam masalah merupakan peluang hebat untuk kita.” Mungkin kata – kata ini benar, karena kita tidak mungkin selamanya akan hidup dalam kedamaian. Saya percaya kita semua pernah mangalami saat terendah dalam hidup di mana masalah sepertinya sudah mengalahkan kita, tapi buktinya kita masih bisa berdiri tegak sampai saat ini. Itu berarti kita telah menang melawan masalah itu, mengapa terpuruk dalam masalah bisa menjadi suatu peluang hebat untuk kita? Karena dengan adanya masalah maka kita akan menjadi lebih waspada dalam melangkah, kita dapat belajar bagaimana cara mengatasi masalah yang mungkin saat ini sedang kita hadapi dari masalah yang pernah datang sebelumnya. Pengalaman tidak akan pernah sia – sia, ia pasti mengajarkan kita suatu hal penting yang kelak akan berguna untuk kita di kemudian hari

Kita seharusnya sudah mulai menyusun suatu langkah besar yang akan kita tempuh di kemudian hari dan sudah seharusnya kita sadar kalau dunia ini sudah berputar dengan cepat. Yang kuat akan bertahan dan yang lemah akan tergantikan, oleh karena itu kita harus bisa mengimbangi jaman dan jangan pernah mau ketinggalan. Kita harus cepat can harus sudah mulai beradaptasi untuk itu. Coba terapkan ini dalam pikiran kalian “Orang yang ingin bersaing dengan saya harus mengimbangi saya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar