Jumat, 21 Oktober 2011

Sebuah Kisah Kehidupan Dari Kehidupan

SEBUAH KISAH DARI GW
Tentang Bebasnya Kehidupan, Kisah Cinta dan Persahabatan



Ini kisah yang gw alami dalam hidup. Mungkin kisah ini belum seberapa dibandingkan kisah yang lain di luar sana. Gw tau, banyak yang mengalami kisah lebih berat dari yang ada di tulisan ini. Jujur, berat gw nuliskan ini. Tapi gw pengen orang yang ga sengaja membaca tulisan ini tidak ngikutin jejak yang selalu salah dalam mengambil suatu keputusan. Berpikirlah agar kehidupanmu tidak sama seperti para tokoh yang ada dalam cerita ini.

Berat terasa hidup ini gw jalani. Baik dari segi kehidupan pribadi, pergaulan, atau dari segi percintaan.

Inilah kisah perjalanan cinta yang gw alami sampai saat ini.

Kisah pertama dateng pas gw SMA di salah satu sekolah di Rawa Jitu. Masih inget saat pertama gw masuk tu sekolah, tampang culun n pasang muka kalem aja lah namanya juga anak baru. Dah agak lama waktu berlalu, ada temen cewe yang masih direbutin ama banyak cowo. Nama tu cewe AS**, cewe cakep, putih, keliatan smart, berjilbab, body bagus asik lah kalo di ajak jalan. Lama gw ama temen – temen ngadain tu kompetisi, ga di sangka jurus “iseng-iseng berhadiah” tu berhasil ama gw n gw jalan ama tu cewe. Tapi ga lama, setelah waktu seminggu dia minta putus. Alesannya karena gw di bilang ngirim sms yang aneh-aneh, nah sempet bingung gw ama tu masalah. Tapi enjoy aja lah, mang gw kaga niat serius ama tu cewe. Menurut gw kalo ada cewe yang buat rebutan ama cowo-cowo, gw pantes tu buat ikutan juga. Karena apa, kalo kita bisa dapet tu cewe rasanya bangga. Ibarat kita tu menangin suatu perlombaan dengan hadiah yang menggiurkan. Tau lah rasanya dapet ketenaran tu gimana, tapi ahirnya gw sadar kalo cinta tu bukan maenan. Karena apa, cinta tu menyangkut perasaan n semua hal yang berhubungan ama yang namanya perasaan tu ga ada abisnya kalo  mau di bahas. Alhasil kalo kita bermain – main ama perasaan, kita pasti ngerasa sakit. Hubungan gw ama AS** bubar. Tuk waktu yang lumayan, status gw berubah jadi jomblo. Lama-lama bosen juga ngejomblo terus, iseng-iseng lagi nih gw minta makcomblangin ama adek temen gw yang masih SMP kelas 3. Maklum,kalo soal cari cewe gw kaga bisa. Di kasih nya temen sekelas yang namanya SIS**, jujur tu anak manis banget, pinter, terkenal di SMP, supel juga, ah semuanya ada deh ama dia. Gw deketin tu anak, pertama sms terus telfon gitu deh. Pertama kenal asik juga anaknya, beberapa hari kemudian gw ajak ketemu tu anak. Pas ketemu, gw minder abis.. Ga yakin gw kalo bisa ndapetin hati tu anak, pikiran tu yang aku pikirin terus ampe pulang ke rumah. Kurang lebih sekitar dua mingguan gw ndeketin tu anak.. Masih inget pas tu hari sabtu pagi n gw bilang ke dia kalo gw tu lagi suka ama seseorang. Dia minta kasih tau orang itu, gw bilang ke dia ntar siang juga tau kok. Pas siang pulang sekolah gw di tanya ama dia, emang siapa sih tu cewe mas. Dengan perasaan malu gw bilang ke dia kalo tu cewe adalah Kamu, spontan reaksi wajahnya berubah kaya gimana gitu. Dia bilang ga bisa njawab sekarang n dia minta waktu ampe hari senen. Selama dua hari tu gw bingung, jawaban apa yang kira-kira dia kasih. Nah temen gw malah ngomporin yang kaga enak di denger gitu, dia bilang “biasanya kalo cewe di tembak n minta waktu, tu cewe minta pendapat ama temen-temennya. Terus biasanya dia njawab ENGGA or MAAF” nah, otomatis gw langsung ngedrop. Pas hari senen abis upacara gw minta jawabannya, di luar dugaan.. Dia ngejawab Ia.. Seneng juga sih kalo kita diterima, Cuma ada juga yang kaga gw seneng.. soalnya gw punya nazar ama temen gw, kalo gw di terima ama tu cewe. Gw beliin rokok dah lo orang.. Mending rokoknya murah, mana rokoknya mahal lagi. Haduh-haduh,mumet aku. Tapi gara-gara tu cewe juga gw kenal ama apa itu arti kata sakit hati yang selama ini ga ada di kamus gw. Gara-gara tu cewe juga gw jadi lebih bisa menghargai waktu yang terbuang percuma, gw bisa belajar apa itu kesetiaan. Ama dia gw pertama kali di cium cewe, pas itu gw di kasih ciuman di pipi ama di kening. Kejadian itu terjadi di rumah temennya di blok 6 jalurnya dah agak lupa gw nomor 9 tepat di hari-hari gw mw pergi jauh dari kehidupannya. Emang namanya apes tu ga tau arah, lagi pengen bersama di detik-detik terahir, nyokapnya deh telfon kalo dia di suruh cepet balik. Berhubung dia anak baik or kelewat baik, dia minta anter pulang deh ke rumahnya. Ga kerumahnya sih, Cuma ampe depan gang mau kerumahnya aja. Gw putus ampe tiga kali ama dia. Dah agak lupa gw penyebabnya, tapi pasti gw ceritain semuanya di tulisan ini. Gw sayang banget ama tu cewe, ampe saking pengennya benangkat bareng ama dia, gw rela nginep di hotel bintang 1 alias Masjid, rela pulang harus jalan kaki walau gw bawa motor, banyak lah yang gw lakuin buat dia. Tapi sayang, kedeketan kami di tentang ama bokap tu cewe. Mungkin hubungan gw ga bakal di tentang kalo gw ga pacaran sembunyi-sembunyi ama dia, tapi gimana lagi dianya juga belom boleh kenal pacaran. Gw juga pernah jadi korban salah satu operator ponsel yaitu MENTARI yang saat tu masih ada gratisan 1 menit nelfon kalo abis isi pulsa. Bayangin, gw harus nerima telfon dari bokapnya yang isinya cuma di omelin doang, mana pagi-pagi dia di suruh absen sekolah cuma gara-gara gw mau njemput buat berangkat bareng, buru-buru pula. Wah, perasaan waktu tu campur aduk deh. Ahir februari gw pindah sekolah, ya gara-gara tu cewe lagi gw jadi pindah n gw nyesel banget kenapa harus pindah dari sana n pergi dari orang yang paling gw sayangin.. Karena kalo gw ga pindah, gw dah pasti ga lulus dari SMA. Kasusnya ga jauh-jauh dari tu cewe, semenjak gw kenal ama dia, gw jadi sering bolos, sering ama namanya telat, sering ada masalah deh ama sekolah.. Ahirnya kita terpaksa ngejalanin hubungan jarak-jauh n bertahan lama, ampe 3 tahun kita jalan.. Masih inget jelas, gw nemuin dia pas waktu tahun baru 2010, tepat tanggal 1. Dengan modal nekat gua berangkat ke lampung timur ama temen gw dari pringsewu, boro-boro lampung timur, orang tu alamat aja gw baru denger sekali. Niat gw Cuma pengen nemuin orang yang paling gw sayang. Gw ga nyangka kalo tu bakal jadi pertemuan gw yang terahir ama dia. Di hari tu juga gw pertama nyoba namanya ciuman bibir, pertama kalinya gua megang cewe ga tau dari mana pikiran tu dateng. Gw dateng ama temen gw, kasian temen gw dia gw suruh nunggu sekian jam di luar Cuma karena gw pengen berduaan ama dia. Cuma beberapa jam aja gw ketemu ama dia n ahirnya gw harus balik lagi ke gisting mengingat perjalanan yang jauh dari lampung timur ke tanggamus. Pas gw kelas tiga SMA, baru deh gw kenal ama yang namanya YU**. Entah gw yang terlalu jujur atau kaya mana, gw ngomong ke sis** kalo gw selingkuh. Awalnya sih semua dah gw rencanain rapi, tapi gw emang paling ga bisa kalo harus bohong. Jadi gw harus mutusin salah satu dari mereka, yang kaga abis pikir kenapa gw nerima orang yang baru gw kenal 1 minggu dari pada orang yang udah gw kenal 3 tahun itu. Jujur,gw ngerasa bersalah banget. Baik ama diri sendiri, ataupun ama SIS**..

Pertama setelah kehilangan SIS** dari hidup gw dan memilih tuk menjalani hari dengan YU**, dan sekarang saat gw menjalin hubungan ama dia, gw justru melakukan kesalahan yang sangat besar. Kesalahan dimana gw menghianati dirinya yang begitu sayang ama gw.

Dw* namanya, gw pas kelas satu SMA waktu sekolah di Dipasena. gw akui, gw emang mengagumi sosok dirinya, bahkan sebelum gw kenal SIS**. Sosok wanita yang begitu lemah lembut, cantik, pintar dan semua yang ku harapkan ada pada dirinya. Bulan februari 2011 menjadi awal pertemuan ama dia sejak pindah dari SMA, dia tumbuh menjadi sosok yang lebih baik dari yang kukenal dulu. Semakin dewasa, semakin tampak lebih bisa menjalani kerasnya kehidupan ini. Kita saling bertukar kabar dan saling menghubungi lewat ponsel. Ahir dari semua perjalanan ini adalah saat ia dateng ke Lampung tuk ketemuan ama gw, dia dateng ke Lampung sekitar jam 3 pagi. gw anter dia ke tempat saudaranya, keesokan harinya kita jadi lebih dekat satu sama lain dan menjadi lebih dekat lagi. Saat itu dia cerita kehidupannya di masa lalu yang kelam. Jujur, ga nyangka masa lalunya begitu menyedihkan. Pas SMP, adik ipar bapaknya yang seharusnya melindungi dan menyayanginya tega merenggut sesuatu dari gadis sepertinya. Gw ga tau cerita itu bener apa hanya karangan yang dia buat. Sebelum kita sempet ngobrol jauh, dia bilang ke gw “nyesel ga kamu tau semua ini?" gw sejenak berpikir dan bilang aja kaga. Sejenak gw merenung tuk mendapatkan jalan yang terbaik. Apakah gw akan bertahan dengan Dw* dan dengan semua keadaannya atau gw memilih tuk ngelanjutin kisah ama Yu**.

Waktu terus berlalu, kisah gw ama dw* pun berakhir. Sekarang tinggal gw ama yu**. Namun di saat gw mulai belajar bersungguh – sungguh untuk dapat mencintai seutuhnya cobaan pun datang. Tiba – tiba saja gw ngerasa begitu mudahnya untuk mendapatkan seorang wanita. Temen SMA dulu kembali datang dengan tiba – tiba dan teman satu kampus pun sepertinya care ama gw. Gw ga tau apa yang gw alami, seakan wanita yang mencari dan bukan gw yang mencari mereka. Jujur, gw belum bisa untuk pacaran secara serius dan memikirkan kedepannya. Yang gw rasain tu ga ada yang namanya cinta sejati, mungkin benar kata "kangen Band" bahwa cinta sejati itu hanya ada dalam cerita legenda yang ga pernah nampak dalam kehidupan nyata. Gw nganggep ni semua adalah suatu permainan yang tiada pernah akan ada habisnya. Mungkin gw sangat berdosa ama Yu** dan kalo dia tau, gw yakin dia pasti marah ma gw. Bahkan kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi dia ga kan pernah mau kenal ma gw lagi. Tapi kalo tu yang terbaik, gw rela ngelepas dia. Bukan karena gw dah bosen, tapi karena dia pantes tuk dapet yang lebih baik dari gw. Gw cuma seseorang yang ga bisa apa – apa. Namun beginilah dan inilah gw, semua yang terlanjur ada sulit untuk dirubah. Sampai saat ini gw dah banyak makan asam garam tentang cinta, jujur takut gw kalo suatu saat semua yang sudah terlanjur dijalani ga kan bisa dirubah. Gw takut kalo Jodoh gw bukan di tangan Tuhan, tapi ditangan gw. Gw takut ma tu semua. Semua tu ga kan terjadi kalo gw masih ada di tempat kos yang dulu. Tapi salah satu sifat gw tu ga suka ama aturan n gw paling ga suka di atur – atur. Ini hidupku dan aku menentukan hidupku, kata – kata itu gw rasa cukup untuk mewakili. Itu jadi salah satu alasan kenapa gw mutusin ntuk pindah kos. Mungkin gw kan menjadi lebih brutal dari sekarang, namun ga nutup kemungkinan juga kalo gw bisa jadi lebih baik dari hari ini.

Ok,sekarang ke permasalahan ke dua. Permasalahan ini njadiin gw takut untuk melakukan hubungan layaknya orang dewasa. Ini adalah suatu kisah dari seorang teman, Edw** dimana ia terpaksa membantah kehendak Tuhan. Ia terdorong oleh keadaan dan lingkungan sehingga ia terpaksa membuang hasil hubungannya dengan sang kekasih. Yang lebih mbuat gw takut tu karena gw ikut n terlibat langsung dalam proses pembuangan itu. Gw ga tau apa yang gw lakuin, yang gw tau hanya karena dia tu temen n sahabat gw. Otomatis udah udahh jadi kewajiban sebagai teman untuk membantu dalam hal apapun dan saling berbagi dalam suka ataupun duka. Itulah temen yang gw pengen, tapi sayang ga banyak orang yang bisa berfikir tentang arti pertemanan. Yang mereka tau temen tu temen cuma ada saat mereka lagi seneng, tapi temen ga pernah ada waktu kita lagi susah. Bukannya temen tu seharusnya saling berbagi baik dalam suka maupun duka. Namun ini ibu kota mas. Kagak semua orang sadar akan arti temen, disini hanyalah diri sendiri yang di pikirkan. Yang penting gw bisa seneng, ga peduli ama orang lain. Kurang lebih seperti itulah kehidupan disini. Disini keras, apapun akan orang lakukan tanpa banyak berpikir dan tanpa tau apa yang akan di akibatkan karenanya. Kadang gw mikir, untuk apa gw baik ama orang kalo tu orang ga pernah baik ama gw. Tapi tu salah, gw sadar bila suatu saat nanti gw pasti butuh bantuan dari mereka. Karena apa, hidup itu kebersamaandan bukan ke egoisan. Oke kisah ini gw anggap sebagai pelajaran hidup yang terbaik supaya gw ga kegaet or kecantol ama tu masalah.

Satu temen yang gw harap bisa menjadi seorang yang lebih baik di antara kami semua yakni seseorang yang berinisial “Hen***” Kalo dipikir emang tu anak taat sih ama ibadah,tapi yang jadi masalah tu, dia setengah ustad setengah lawan katanya ustad (ya gitu deh,apapun namanya.) Kasarnya ngomong dia tu kalo siang ya solat, malem ya sama aja.. namanya juga manusia.. siapa yang tau gimana dia kelak..

Yups,kembali ke permasalahan temen gw yg berinisial Edw**, masalah yang dikira dulu dah kelar,ternyata kaga jadi kelar.. tu masalah ternyata malah jadi tambah berat, ibarat kata sih lebih berat dari beban yang terberat dan ga kebayang deh kalo lo ada di posisi temen gw ni. Sekitar lima bulan udah berlalu, sekitar itu juga umur anak yang sedang di kandung oleh “istri” dari sang Edw**. Hmm, ni emang salah satu akibat pergaulan bebas.. Dimana tu budaya udah kaya budaya sehari-hari n dah ga mengherankan lah. Ni kejadian baru ketauan pas pasangan si Edw** abis mandi, dia heran kenapa kok kayanya perut pasangannya tambah gede. Yang gw pikirin ternyata beneran, gw pernah mikirin gimana kalo tu anak ga keluar n malah jadi tambah sehat. Pas trimester pertama ga sengaja gw liat cewenya tu, nah ga sengaja juga gw tu mikir “kok cewe ni kaya beda ya, badannya dah kaya ibu-ibu abis punya anak.” Inget dah gw ama pelajaran yang gw dapet dari kampus, kata dosen gw masa-masa trimester pertama tu seorang wanita mengalami perubahan bentuk fisik. Pas banget tuh pelajaran ama apa yang gw liat. Tapi gw ga berani tanya-tanya soal tu, coz tu pasti nyinggung. Ga lama sifat edw** tu jadi berubah, dia kaya orang lagi bingung. Pas malem-malem dia bangunin gw, dia minta nomor si Dw*. Karena sedikit sadar sedikit kaga, ya gw kasih tu nomor. Tapi pagi-pagi gw baru sadar kalo Dw* tu dah ganti nomor. Awalnya Edw** emang belum cerita persoalan yang dia alami, walau ahirnya dia cerita juga. Sumpah, bingung n pusing sendiri gw denger tu cerita. Pengen gw bantu tapi ga tau harus bantu kaya gimana. Informasi terahir yang gw punya soal si Dw* dia cuma bilang kalo dia kerja di salah satu warnet di metro. Masalahnya metro ni luas n ga mungkin juga warnet tu cuma atu doang. Pas malem hari gw dapet ide gimana cara tuk ngubungin dia. Alternatif terahir yaitu Facebook, gw coba cari nama dia lewat Fb n gw kirim pesan aja. Pas pagi harinya dia sms gw, tapi sayang smsnya ga ngenakin. Dia bilang kalo om nya udah dapet n istri om tu dah hamil. Yah,gw percaya semua yang ada di dunia ni ga pernah ada yang namanya kebetulan. Semua dah ada yang mengatur n memberi jalan. Tinggal gimana usaha kita untuk nemuin tu jalan..

Semenjak ada masalah itu, temen gw jadi gagal kuliah. Kasian sih, semester dua ini aja dah berapa duit abis buat kuliah. Udah itu dia udah abis berapa juta aja buat ngurusin pacarnya, ngurusin janinnya, ngurusin kehidupan sehari-harinya ngasih makan pas pacarnya di kosan semuanya lah. Tapi mau gimana lagi, emang itu jalan yang uda dia pilih. Setau gw kalo ada orang yang uda berusaha buat ngilangin apa yang uda di buat n ga berhasil tu janin kalo lahir ke dunia bakalan lahir dengan keadaan tidak normal atau cacat. Entah itu cacat mental ataupun cacat fisik. Kasian gw ama kedua orang tuanya, entah apa yang akan gw pikirin kalo gw ada di posisi mereka. Yang pasti gw bakal frustasi mungkin, siapa juga yang kuat kalo dapet masalah kaya gitu. Tiap ke kampus n ketemu temen sekelasnya, mereka pasti tanya gimana kabarnya or dia ada ga di kosan. Jadi sedih sendiri denger semua itu, mereka kaya uda kehilangan satu sosok yang berarti. Bagi temen deketnya dia uda kaya saudara sendiri, ya tau lah gimana perasaan seeorang sahabat kalo di tinggal. Sekarang dia cuma santai aja di kosan abis itu di gaji pula,wah asik ya hidupnya. Tapi jangan berharap lah dapet idup kaya gitu, di jamin kaga ada enaknya deh. Yang  ada cuma sebuah penyesalan yang  kaga ada ujungnya, kaga ada batasnya n kaga ada nikmatnya.
Kisah lain yang ada sekarang dateng dari temen gw yang gw kira alim yaitu Hen***, pertamanya gw tulis kalo dia tu anak yang bisa jadi pemimpin buat kehidupan di kosan ini. Tapi gw salah, dia sama aja kaya yang laen. Parahnya lagi dia malah kembali ke kehidupan di kampungnya n jadi "bujang organ" lagi. Tiada hari tanpa musik "Organ" mending kalo musikan sewajarnya lha ini musikan kaga tau waktu keras-keras pula. Tau sendiri lah tu musik kaya mana di denger, kadang heran ama mereka. Apa yang bagus coba dari tu musik, uda bikin kuping mau pecah, suaranya yang nyanyi fales juga lagi. Haduw, ga tau deh kan setiap orang punya hobi masing-masing. Ada yang hobi ama musik POP, Metal (melayu total maksudnya), Rock, RnB or apapun jenis tu musik lah. Kalo cuma sekedar musikan mungkin masih bisa kita terima lah masalahnya mereka tu sambil minum. Lah rasanya jengkel abis deh, mau di tegor kaga enak didiemin juga malah tambah jadi. Yah tinggal tunggu waktu dimana mereka bakal kena marah ama tetangga aja. Pernah kepikiran ama anak-anak kost yang laen buat ngasih pelajaran ama mereka (dari pada di kasih pelajaran ama orang kan mending di kasih pelajaran ama temen sendiri). Tapi biar aja lah, setiap orang punya titik tertinggi dalam kesalahan dimana titik tu bakal buat mereka sadar, buktinya aja ada "mantan preman" jadi tunggu aja, entah kapan tu datengnya. Yups, ni adalah kisah gw, masih ada kelanjutannya. Karena jalan ini  masih panjang. Jadi tunggu aja kisah kelanjutannya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar